Thursday, March 22, 2012

Minggu Keberuntungan

Keberuntungan datang secara tak sengaja, melainkan spontan alias tak diduga.

Kalau angka keberuntungan pasti semuanya tahu kan.. Ya, angka 8. Oh, iya kalian tahu lambang keberuntungan ga? Yup, Four leaf clover yaitu daun semanggi berhelai empat. Karena biasanya yang ada tuh yang berhelai 3, tapi ada juga yang berhelai 4 dan itu jarang banget ditemukan. Kata legenda... 4 helai tersebut masing-masing mewakili sesuatu yaitu : yang pertama harapan, yang kedua untuk rohani/iman, yang ketiga untuk cinta, dan keempat untuk keberuntungan.


Maka ada kepercayaan kalau kita bisa menemukan daun itu kita bakalan dapat keberuntungan. Tapi gue percaya keberuntungan itu . . . berasal dari Tuhan.

Minggu ini terlewati dengan berbagai keberuntungan yang beruntun. Bukan gara-gara daun itu lho.. Gue aja baru tau tentang tuh daun gara-gara browsing. Apa aja ya keberuntungannya? Sekalian gue mau menoleh ke hari -hari kemarin dan berbagi cerita juga dengan kalian semua.. :)


Pertama, gue awalnya kehilangan buku analog (buku pelajaran di sekolah), itu buku sudah dicari kesana-kemari. Ditelusuri jejaknya tapi dia hilang tanpa jejak. Insiden hilang ini bukan salah atau kecerobohan gue, karena ceritanya begini gue meminjamkan buku gue ke X. Nah, X ini meminta tolong pada A untuk membawa buku ini ke kelas di lantai 3. Lalu, A itu menaruh buku tersebut di atas meja. Bayangin aja baru ditinggal 5 menit'an langsung hilang. Dan mereka tidak segera memberitahu ke gue, mereka bingung dan berdiskusi sampai mereka panik sendiri, baru kemudian mengabarkan gue. Mereka sepertinya agak-agak takut untuk memberitahu gue, takut guenya shock atau nangis kali ya.. tapi pas dengar buku gue hilang, kenapa gue biasa aja ya? Paniknya juga ga berlebihan.. Ya, biasa aja dan lebih ke penasaran sih sebenarnya . .. kenapa bisa hilang. Itu yang jadi pertanyaan di kepala gue. Seingat gue, itu buku belum pernah gue ajarin jalan ataupun menghilang. 

Jadi, proses pencarian dimulai dengan bertanya pada beberapa teman, dan berlanjut dengan bertanya di depan kelas. Karena tidak ada yang memberi informasi yang pasti, maka X sebagai peminjam buku berniat mencari buku tersebut dengan menggeledah tas teman-temannya. Kenapa jadi gue yang risih melihatnya ya? Gue bukan orang yang berani buat buka-buka tas orang lain tanpa izin.., jadi gue agak canggung untuk ikutan mencari jadi gue ikut melihat aja. Hasilnya nihil. 

Gue suka iseng kadang-kadang, tapi gue sambil iseng sekalian memang mau nanya juga sih. Kebetulan teman gue si X ini sedang online. 
Jadi gue tanya, "gimana bukunya?"
kata dia, "kalau ga berhasil menemukan juga, nanti kami tanggung jawab"

Singkat cerita, dia nge-share di fb, intinya kalau ada yang melihat buku tersebut harap dikembalikan. Setelah beberapa hari, akhirnya buku itu ditemukan. Reaksi gue saat itu bingung 190%. Perasaan waktu itu sudah di cari ke seluruh isi kelas tidak ada. Kenapa sekarang bisa ditemukan?? But, it's okay. Ini kabar baik, dan gue senang buku gue tidak jadi hilang.

Kedua, di rumah gue menyadari buku matematika gue hilang. Lho ? kenapa cerita tentang hilang lagi ? Ya, kebetulan ceritanya masih tentang hilang. Gue bongkar laci gue, ga ada. Gue cari di tas, ga ada. Berkali-kali gue cari, ga ada. Akhir dari cerita ini, ternyata buku gue terbawa oleh teman gue, Nasa. Gue pernah cerita tentang Nasa di posting ini : Payung Kebersamaan. Gue aja ga tau, kenapa tiba-tiba buku gue bisa ada di dia. Intinya buku matematika gue ketemu. 

Ketiga, gue baikan dengan teman gue. Lho? Emangnya musuhan? Dibilang musuhan, gak sih.. Cuma agak slek aja. Abisnya uda jarang ngomong sama dia karena dianya sibuk banget dengan berbagai aktivitas. Yup, jadwal kegiatan dia padat. Kan ada HP? Nah, itu dia.. gue sms juga ga dibalas. Kalau ngomong langsung nanti kesannya mengganggu dan semacam gue terlihat egois. Jadi, kadang gue juga bingung dengan komunikasi semacam ini. Dia gampang mencari gue, menemukan gue, bertanya, dll.. Tapi kenapa gue begitu sulit untuk sekedar ngomong sama dia. Karena dia terlalu cuek? iya.. banget pun. Akhirnya gue punya kesempatan membahas masalah-masalah yang ada dengan dia. Gue berharap kedepannya bisa saling mengerti, jadi ga ada salah paham lagi. Gue pengen persahabatan yang awet, ga cuma sekedar kenal dan untuk di sekolah ini aja. Sedih kali kalau berteman karena cuma sekedar karena satu kelas, kalau uda beda kelas, beda sekolah dilupakan, ga enak banget. Intinya jadi lebih enjoy aja sih sekarang, uda jadi lebih mengerti karakternya aja.

Keempat, pelajaran bahasa Inggris, entah kenapa pada hari itu tiba-tiba diadakan tugas translate. Ya, sudah cukup lama tidak diadakan tugas translate alias menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Gue tidak jago translate. Pertama melihat soalnya aja, cuma gue lihatin aja dan bengong di depan buku itu. Setelah gue baca-baca ulang soalnya, kenapa gue jadi ingat sebuah istilah ya?

Soal pertama : balon itu semakin lama semakin besar. 
Gue sepertinya pernah mendengar istilah : it's getting bigger and bigger
Jadi gue tulis aja begini : the balloon is getting bigger and bigger.

Soal kedua : tamara sepuluh kali lebih cantik daripada saya.
Kayaknya gue pernah belajar expression of number and frequency deh.. Yang ada once, twice, three times, four times, dan seterusnya. Kalau comparizon degree uda dipelajari di sekolah.
Jadi gue tulis gini : tamara is ten times more beautiful than me

Soal ketiga : semakin lama, saya semakin tua
Di sini gue nge-blank banget. Apa ya bahasa Inggrisnya 'semakin lama' .. ? Kenapa gue jadi kehilangan ide begini? Terus ada teman gue yang bawa kamus, ya udah.. gue minjam. Di kamus itu, lama = long time. Jadi karena ada kata semakin .. , gue jadi mengubah nya menjadi longer time..
Lalu digabungkan menjadi : longer time, i am older.
Kenapa kalimatnya kedengaran aneh ya? Sepertinya ini salah.

Soal keempat : Bensin lebih mahal dari solar
Ini lebih blank lagi, apa bahasa Inggrisnya 'bensin' .. ? apa bahasa Inggrisnya 'solar' .. ? Gue minjam kamus teman gue tadi, di kamus itu bensin = benzine. Parahnya di kamus itu tidak ada kata solar. Jadi gue bingung menterjemahkan-nya.
Ya, gue tulis aja : Benzine is more expensive than solar.

Soalnya cuma empat, dan yang gue bener-bener yakin benar, cuma soal nomor 1 dan 2. Kalau yang 3 sama 4 gue ragu. Lalu, gue memberanikan diri untuk mengumpulkannya saja. Karena gue ingat ada sistem ten first di sini. Dimana 10 orang pengumpul tercepat akan mendapat nilai yang bagus. Gue ngumpul pertama, dan hasilnya gue dapat nilai 80. YEY, lumayan seneng gue.

Kelima, hari ini 22 maret 2012... ada pelajaran instalasi PC. Jadi ceritanya guru kami menjelaskan tentang raster, image dan video. Raster itu gambar berupa garis, bulatan. Contoh nyata Raster adalah film Upin dan Ipin. Lalu Image itu adalah gambar berbasis foto, jadi gambar itu terlihat 3 dimensi. Contoh nyata Image adalah film Shaun the Sheep. Terakhir video, contohnya Transformer. Ada 3 software untuk mengedit video, coba kalian sebutkan. 

Guru kami langsung menulis di papan tulis , deretan angka seperti ini 
1.
2.
3.

"Ayo kalian jawab, apa nama softwarenya? masa' tidak ada yang bisa menebak?" kata guru
Intinya guru gue terus memancing kami agar mau menjawab. Lalu ada yang menjawab Movie Maker. Ya itu memang salah satu software tapi itu software bawaan dari Windows. Kami harus menebak lagi. Sudah beberapa lama tetap diam, tak ada yang bisa menjawab. "Ini berarti kalian masih kuper. Kurang pergaulan di bidang IT. Bagaimana ini kalian masih gaptek. Nama software saja tidak tahu."

Wah, dengarnya gue jadi agak malu. Ini tentang multimedia.. tentang design juga. Kenapa gue jadi nge-blank lupa nama-nama software. Gue memang belum terlalu bergaul dengan video ya.. lebih seringan edit foto/gambar. Tapi gue seorang yang berdarah seni. Masa' gue ga tau.. ah .. malu banget lah. Kalau gitu percuma gue cinta design. Gue terus-terusan seperti berdebat dengan batin gue sendiri.

Akhirnya, guru gue memberi tahu software 1 yaitu Pinnacle Studio dan yang ke-2 kami diberi petunjuk huruf seperti ini : U       V       S
Kemudian ada yang menjawab, "universal .. pak?"
"bukan.. itu 3 kata"

Setelah tidak ada yang menjawab lagi, kemudian diberi tahu juga yang ke-2 yaitu Ulead Video Studio
Lalu yang ke-3 dikasih petunjuk huruf : A      E
Dan kenapa tiba-tiba gue feeling kalau gue itu tahu software yang ke-3 ini. Tapi apa namanya? Ayo berpikir.. Gue diam aja, dalam hati uda berdebat terus sama batin sambil mengingat-ingat apa nama softwarenya.

Lalu petunjuknya ditambah : Af      Ef
Haduuuh.. sepertinya gue tahu software ini, gue pernah baca tentang software ini. Ayo, kenapa gue belum ingat juga... ? 
Teman gue menjawab, E nya itu Effects ya pak?
Dan ternyata benar. Gue berusaha kembali mengingat... AHA ! Gue ingat. .. itu kan software ..
Gue coba jawab ah.. siapa tahu bener .. Dan gue sih yakin bener.. Karena hurufnya cocok kok..
Tapi gurunya masih sibuk menjelaskan.. Akhirnya dia kembali nanya siapa yang bisa jawab.. 
Yes, ini kesempatan gue buat jawab.. Gue harus jawab, sekalian membuktikan gue ga gaptek IT. Gue tetap love design so much. 
Gue pun angkat tangan. Semua teman-teman di kelas melihat ke arah gue.
"Ya? apa jawabannya?" kata guru
"After Effects , pak"
"Ya, BENAAARR.. !!!!!!" seru guru sambil agak berlari menuju papan tulis dan menuliskannya

Teman di samping gue nanya,
'apa jawabannya?' 
After Effects.. 
'ada di buku?'
ya ga ada lah..
'trus kok bisa jawab?'
*gue diem, dalam hati gue uda teriak-teriak, dari tadi gue itu berdebat sama batin gue tau!

Kemudian bapak guru bertanya.. 
"siapa nama kamu?"
regina, pak..
"nomor absennya berapa?"
28
*lalu guru menulisnya di sebuah buku. Yey.. dapat nilaiiii !!! Tumben gue bisa jawab.. Ya, soalnya ini masih ada kaitan dengan design... ya, sebenarnya kelewatan dan parah abis kalau gue ga bisa jawab. Semacam dianggap gaptek dan kuper software. Padahal pecinta design. . . Batin gue ngajak debat terus ini.. ga diterima dikatain seperti itu.. 

Berlanjut dengan guru gue menerangkan dia berharap kami jadi ahli di bidang komputer jaringan yang terbagi dalam 3 aspek profesi : 
networking (sebagai pemelihara jaringan atau penjaga password)
programmer (orang yang jago dalam bahasa pemograman)
design (berkaitan dengan multimedia dan seni)

Ya, yang ke-tiga itu gue bangettt.. !! Gue suka design.. Sangat suka design. Itu cita-cita gue malahan.. , uda pernah gue cerita kan? Lihat di : Mimpi & Impian

Inilah sekian beberapa keberuntungan gue minggu ini dan gue lebih suka menyebutnya anugerah dari Tuhan. Gue harus banyak bersyukur. Pokoknya gue harus bisa mewujudkan mimpi dan impian gue. Semangatt !!
cemungudh ea...

:)) Minggu keberuntungan.. , penuh rasa syukur. Gue berharap ga ada yang iri sama gue, karena gue juga masih newbie banget di design... Gue aja tumben bisa jawab pertanyaan bapak itu. Gue ga terlalu jago di hardware-hardwarenya. Tapi, yang terpenting itu.. gue ada kemauan untuk belajar..
Itu intinya, when there is a will, there is a way. Dimana ada kemauan, di situ ada jalan.

Oke, gue tutup dengan kata :
Semangatt !!
cemungudh ea... :))

No comments:

Post a Comment